Mengaplikasikan Teori Fisika kedalam dunia perekomian, Mahasiswa FMIPA UNM sukses kembangkan Buku Ekonofisika Berstrategi REACT - HMJ Fisika FMIPA UNM

Saturday, September 4, 2021

Mengaplikasikan Teori Fisika kedalam dunia perekomian, Mahasiswa FMIPA UNM sukses kembangkan Buku Ekonofisika Berstrategi REACT


Tim PKM-RSH UNM telah berhasil melakukan penelitian yang berjudul Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Fisika dengan Strategi REACT Berbasis Ekonofisika sebagai Solusi Pembelajaran Era Pandemi. Tim PKM diketuai oleh Nur Indah Jaya dari jurusan fisika FMIPA UNM dengan anggota Agustin Wahyu Trisna Ningrum dari jurusan fisika FMIPA UNM, dan Muhammad Nur Ghani Ilham Muhtar dari jurusan Matematika FMIPA UNM. Penelitian di Bimbing oleh Mutahharah Hasyim, S.Pd, M.Pd. 

Fisika identik dengan matematika, dengan kata lain matematika merupakan alat komunikasi untuk menyelesaikan berbagai soal fisika. Namun Survey mengatakan rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam memaknai rumus fisika dan mereka cenderung bosan karena buku yang digunakan hanya menuliskan rumus tanpa ada pemaknaan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pembelajaran daring di masa pandemi memiliki beberapa keterbatasan. 

Untuk mengatasi masalah tersebut maka Tim PKM mengembangkan Buku Ekonofisika Berstrategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Coperating dan Transfering. Buku ini berjudul “Ekonofisika : “Nalar Fisika dalam Dinamika Ekonomi”. Manusia tak terlepas dengan Alam dan uang. Maka Keunggulan Buku ini yaitu menjelaskan dinamika dan keterkaitan antara fisika dan dunia ekonomi agar siswa tidak hanya menghapalkan rumus saja namun dapat mengaplikasikan teori fisikanya dalam meningkatkan dinamika ekonominya di kehidupan sehari-hari. Di tengah pandemi ini juga siswa mengalami beberapa keterbatasan dalam melakukan percobaan, sehingga keunggulan lainnya pada buku ini memiliki penugasan eksperimen sederhana yang dapat dilakukan siswa di rumah masing-masing. 

Buku ini telah di ujicobakan kepada peserta didik SMAN 6 Takalar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hasil uji coba buku menunjukkan bahwa buku tersebut valid, praktis, dan efektif. Respon peserta didik juga menunjukkan bahwa mereka tertarik dengan buku tersebut. 

Buku ini telah memilki HaKI (Hak atas Kekayaan Intekektual). Harapan tertinggi bagi peneliti bahwa buku ini dapat digunakan secara meluas pada berbagai sekolah khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Atas. 


No comments:

Post a Comment