Dosen Jurusan Fisika Latihkan Desain Kemasan Produk Keripik Singkong di Desa Sokkolia Gowa - HMJ Fisika FMIPA UNM

Tuesday, August 17, 2021

Dosen Jurusan Fisika Latihkan Desain Kemasan Produk Keripik Singkong di Desa Sokkolia Gowa


Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi merupakan salah satu bukti kinerja dosen dalam peningkatan kualitas kerjanya.  Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menjadi salah satu contoh kegiatan yang dapat membantu dalam hal tersebut. Jurusan Fisika FMIPA UNM bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNM) telah melaksanakan kegiatan PKM dengan judul” Penerapan Inovasi dalam Desain Kemasan Produk Keripik Singkong Kelompok Usaha Mikro di Desa Sokkolia, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa pada tanggal 22  Juli 2021. Dr. Pariabti Palloan, S.Si. M.T. selaku ketua pelaksana dan Usman, S.Si. M.Pd. dan Mutahharah Hasyim, S.Pd. M.Pd. selaku anggota pelaksana PKM.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah melatih ibu-ibu rumah tangga dalam menciptakan produk kemasan keripik singkong yang unik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam kegiatan ini peserta berjumlah 20 orang yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar lokasi tempat Tim melakukan pengabdian. Mitra kami Kaharuddin, S.IP. mengungkap kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan mengingat di ddesa tersebut banyak tanaman singkong yang dapat diolah menjadi keripik. Namun, jika keripik tersebut hanya dijual dengan kemasan yang kurang menarik, maka daya jual produk tersebut juga menurun. Beliau juga menyatakan langsung dalam sambutannya bahwa kegiatan seperti ini sangat cocok dilakukan utamanya di masa pandemi sekarang ini. Selain member motivasi bagi masyarakat juga dapat melatih masyarakat menciptakan kegiatan yang lebih bermanfaan dan menghasilkan uang dalam membantu perekonomian keluarganya.

Salah satu peserta pelatihan menyatakan kepuasan atas materi yang disampaikan dalam pelaksanaan PKM ini dan berharap kegiatan ini bisa berlanjut dalam mengembangkan ide dalam menciptakan usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat khususnya di desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu, tutupnya.

 

“kegiatan ini memberikan manfaat bagi saya dalam menemukan ide desain kemasan yang lebih menarik.”

 

Harapan peserta pelatihan menyatakan “kegiatan ini sangat penting untuk terus dilakukan agar dapat menambah pengetahuan pada masyarakat dan mampu berkarya secara mandiri” ungkap peserta lainnya di akhir kegiatan.

 

 

Sumber Informasi :Mutahharah Hasyim, S.Pd., M.Pd.


No comments:

Post a Comment