Road to PIMNAS : Tingkatkan Kreativitas dan Produktivitas Mahasiswa Fisika dalam Mengusung PKM - HMJ Fisika FMIPA UNM

Sunday, September 26, 2021

Road to PIMNAS : Tingkatkan Kreativitas dan Produktivitas Mahasiswa Fisika dalam Mengusung PKM


Road to PIMNAS adalah salah satu program kerja HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2020-2021 dari bidang keilmuan yang bertujuan untuk mewadahi penyaluran ide kreatif dan inovatif mahasiswa fisika dalam mengusung PKM menuju Pekan Ilmiah Nasional. Road to PIMNAS kali ini diselenggarakan pada tanggal 24-26 September 2021 melalui Zoom Meeting dan diikuti sebanyak 145 peserta.

Road to PIMNAS mengusung tema “Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Mahasiswa Fisika Melalui Karya PKM menuju PIMNAS 35”. Aliyah Fadhlilah Ahmad selaku ketua panitia mengatakan bahwa alasan memilih tema tersebut adalah agar mahasiswa fisika lebih meningkatkan kreativitas dan produktivitasnya dengan cara menuangkan dan mengeksplorasi ide dalam membuat karya PKM menuju PIMNAS 35.

“Alasan kami mengangkat tema tersebut yaitu seperti yang kita ketahui bahwasanya Jurusan Fisika itu, utamanya dalam beberapa tahun terakhir meloloskan proposal terbanyak di FMIPA setiap tahunnya, maka dari itu melalui Road to PIMNAS ini diharapkan mahasiswa Fisika dapat lebih meningkatkan Kreativitas dan Produktivitasnya, dengan cara melalui Karya Program Kreativitas Mahasiswa menuju PIMNAS 35. Maka dari itu setelah berakhirnya Road to PIMNAS ini, kami dapat mempersiapkan proposal yang telah dirancang dan dibuat oleh mahasiswa Fisika untuk Persiapan Menuju PIMNAS 35 di tahun depan.” Ujarnya

Pemateri pada Road to PIMNAS dibawakan oleh orang-orang yang telah mahir dan berpengalaman dalam pembuatan karya ilmiah maupun membimbing Mahasiswa dalam pembuatan PKM menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional . Pemateri Road to PIMNAS beserta materi yang yang dibawakan yaitu: 
1. Pengenalan Skim PKM oleh Ayahanda A. Irhamsyah, S.Si., M.Si
2. Tata Kepenulisan Ilmiah oleh Kakanda Vicran Zharvan, S.Si., M.Si
3. Eksplorasi Ide oleh Ibunda Muttahharah Hasyim, S. Pd., M. Pd
4. Sharing session oleh Kakanda Muhammad Thafshir Triansha S.Pd.

Ibunda Dr. Pariabti Palloan, S.Si, M.T mewakili Ketua Jurusan dalam pembukaan Road to PIMNAS mengatakan bahwa PKM merupakan salah satu wujud implementasi tridarma perguruan tinggi dan berharap bahwa semua peserta menyimak dan mengikuti semua materi dengan baik.

"PKM merupakan salah satu wujud implementasi tridarma perguruan tinggi yang diluncurkan kementrian pendidikan dan kebudayaan. PKM ini memberikan dampak pada prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi. Oleh karena itu, Saya berharap semua peserta menyimak dan mengikuti semua materi dengan baik serta mengikuti panduan yang ada, mulai dari penulisan, pendanaan dan hal-hal lain yang menjadi kewajiban dan pilih ide yang unik dan bermanfaat serta bisa diwujudkan.” Ujar beliau dalam sambutannya.

Penulis : Mutmainna 

No comments:

Post a Comment