ASM 2021: Pandemi, Kurikulum dan Teknologi dalam Workshop Telaah Kurikulum - HMJ Fisika FMIPA UNM

Friday, July 30, 2021

ASM 2021: Pandemi, Kurikulum dan Teknologi dalam Workshop Telaah Kurikulum

Aplikasi Studi Mahasiswa (ASM) 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah berlangsung beberapa hari. Salah satu paket kegiatannya adalah Workshop Telaah Kurikulum. Workshop Telaah Kurikulum berlangsung tanggal 29 Juli 2021 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba diikuti sebanyak 15 Peserta yang merupakan Guru Fisika dari berbagai Sekolah Menengah di Kabupaten Bulukumba.

Workshop Telaah Kurikulum dengan tema "Pengoptimalan Kinerja Tenaga Pendidik pada Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Darurat Mata Pelajaran Fisika dengan Menggunakan Teknologi" dibawakan Oleh Narasumber yang merupakan Dosen Fisika FMIPA UNM Ibunda Dra. Hj. Nurhayati, M.Si dan Ayahanda Herman, S.pd, M.Pd.

Ketua MGMP Fisika Muh. Jafar menyatakan Workshop ini sangat bermanfaat dan memberi tambahan Ilmu.

"Iya, bermanfaat dan diharapkan dapat memberi tambahan ilmu dalam menyesuaikan keadaan dan kondisi PBM, muatan materi yang diberikan sudah sesuai namun kajian spesifik perlu dipertajam terkait dengan kondisi ril yang ada sehingga mudah dilaksanakan" tuturnya.

Ayahanda Ahmad Dahlan, S.Pd, M.Pd sebagai pemateri pendamping juga memberikan pemaparan mengenai teknologi yang digunakan dalam distance learning seperti LMS, Virtual Learning and Lab Simulation, Google Classroom, WhatsApp dan lain-lain. Beliau juga menambahkan pendidik dapat berimprovisasi dengan memberi kegiatan sederhana di rumah yang melibatkan peserta didik.

Ibu Jusrianti selaku Peserta Workshop menambahkan harapan semoga Panitia Pelaksana dari Aplikasi Studi Mahasiswa 2021 dapat membuat kegiatan yang sama untuk meningkatkan kompetensi guru.

"Semoga kedepannya bisa membuat kegiatan yang sama seperti ini guna meningkatkan kompetensi guru khususnya guru Fisika" ujarnya.

No comments:

Post a Comment