Dosen Fisika UNM Latihkan Desain Percobaan IPA Sederhana di Era New Normal - HMJ Fisika FMIPA UNM

Thursday, August 27, 2020

Dosen Fisika UNM Latihkan Desain Percobaan IPA Sederhana di Era New Normal


Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi  merupakan salah satu bukti kinerja dosen dalam peningkatan kualitas kerjanya.  Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menjadi salah satu contoh kegiatan yang dapat membantu dalam hal tersebut. Jurusan Fisika FMIPA UNM bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNM)  telah melaksanakan kegiatan PKM dengan tema” Melalui Objek Lokal Daerah Menghasilkan SDM yang berkarakter.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar pada tanggal 26 Agustus 2020. Judul yang disajikan dalam kegiatan PKM ini adalah” Pelatihan Pembuatan Desain Praktikum IPA Sederhana untuk Kelompok MGMP IPA SMP di Kabupaten Takalar”.  Dr. Hj. S.Salmiah Sari, M.Pd. selaku ketua pelaksana dan Dr. Bunga Dara Amin, M.Ed. dan Mutahharah Hasyim, S.Pd. M.Pd. selaku anggota pelaksana PKM.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah melatih guru IPA untuk dapat mendesain praktikum IPA sederhana melalui objek lokal daerah setempat di Era New Normal ini. Ketua MGMP IPA SMP Rusdianto, S.Pd., M.Sc. mengungkapkan bahwa peserta dalam kegiatan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari berbagai sekolah SMP di kabupaten Takalar. Beliau juga menyatakan langsung dalam sambutannya bahwa materi yang disampaikan akan menjadi motivasi bagi guru IPA yang nantinya akan didesiminasi ulang dalam kegiatan-kegiatan MGMP IPA mendatang. 

Salah satu peserta pelatihan Agussalim, S.Pd. menyatakan kepuasan atas materi yang disampaikan dalam pelaksanaan PKM ini dan berharap kegiatan ini bias berlanjut dalam mengembangkan ide pendidik khususnya dalam membelajarankan IPA di SMP.


“kegiatan ini memberikan manfaat bagi saya dalam menemukan ide desain praktikum    sederhana untuk pelajaran IPA” ungkapnya

Harapan peserta pelatihan menyatakan “kegiatan ini sangat penting untuk terus dilakukan agar para pendidik IPA dapat menambah pengetahuan dan mampu berkarya secara mandiri” ungkap Kumalasari dalam respon peserta di akhir kegiatan.

 

 

Sumber Informasi :Mutahharah Hasyim


No comments:

Post a Comment