Sambut Hari Anak, Mahasiswa Fisika Meriahkan Desa Batetangnga dengan Lomba Tradisional. - HMJ Fisika FMIPA UNM

Tuesday, July 23, 2019

Sambut Hari Anak, Mahasiswa Fisika Meriahkan Desa Batetangnga dengan Lomba Tradisional.

Dalam rangka memperingati momentum Hari Anak Nasional (HAN), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar lomba tradisional di Desa Batetangnga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar, Selasa (23/7) . Kegiatan ini merupakan salah satu dari enam paket kegiatan Aplikasi Studi Mahasiswa (ASM) yang digelar selama sembilan hari.

Foto : Kegiatan pada saat lomba makan kerupuk



Ketua Panita, Muhammad Fitrah Syarif menuturkan betapa pentingnya memperingati hari-hari nasional saat ini, khususnya Hari Anak Nasional. Menurutnya teknologi saat ini memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat terutama pada perubahan sosial dan budaya. Hal tersebut dapat dilihat bagaimana anak-anak lebih menyenangi bermain sendiri dengan gadget dari pada keluar bermain dengan teman sebayanya.

"Melalui ini masyarakat dapat selalu mengingat Hari nasional. Selain itu,  lomba-lomba yang diadakan pergrup dapat melatih kerja sama dan kekompakan mereka, hal ini dapat membantu mengikis sifat individual anak karena pengaruh teknologi," tuturnya.


Permainan tradisional ini digelar di lapangan Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang dan dimeriahkan dengan beragam lomba antara lain sepak bola, lari estafet,  lari karung, lari kelereng, memasukkan paku ke botol dan makan kerupuk. Kegiatan ini di ikuti oleh 101 Siswa Sekolah Dasar (SD) dari  empat dusun di Desa Batetangnga.

Lanjut, selain diperingati dengan beberapa lomba tradisional, kegiatan yang mengusung tema "Membentuk Karakter Anak Sebagai Penerus Bangsa Dalam Menghadapi Era 4.0," ini juga dirangkaikan dengan forum yang menyasar orang tua sebagai pendidik generasi.

Mahasiswa angkatan 2017 ini berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat  memberikan pengaruh  bagi orang tua dan anak-anak kedepannya.

"Saya harap dapat mengajarkan anak-anak untuk berkompetisi secara adil. Lebih dari itu  Mereka bersuka cita dan merasa gembira dengan kegiatan ini,". Harapnya.

No comments:

Post a Comment