Mahasiswa Fisika UNM Aplikasi Ilmu Melalui ASM 2019 - HMJ Fisika FMIPA UNM

Monday, July 22, 2019

Mahasiswa Fisika UNM Aplikasi Ilmu Melalui ASM 2019

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam( FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar Aplikasi Studi Mahasiswa (ASM). Dengan mengusung tema “Fisika Mengabdi Membangun Negeri”, kegiatan ini dilaksankan di Pondok Pesantren DDI Al- Ihsan KanangDesa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi barat. Kegiatan ini dilaksanakan sejak hari Jumat-Sabtu, (19-27/7).


Foto : pembukaan ASM di Aula Ponpes DDI Kanang
Ketua Umum, Sarifuddin menjelaskan bahwa salah satu alasan dipilihnya lokasi ini adalah urgensi Sumber Daya Manusia (SDM) guru fisika yang sangat dibutuhkan setelah melihat beberapa lokasi baksos. ASM dilaksanakan dengan enam paket kegiatan yakni pelatihan informasi dan teknologi, forum anak, latihan dasar kepemimpinan, workshop KIT alat Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), eksplorasi dan praktikum fisika dasar serta bimbingan mata pelajaran fisika untuk persiapan lomba.

Lanjut, mahasiswa asal Pinrang ini menjeskan bahwa kegiatan ASM merupakan salah satu bentuk bakti sosial yang menjadi implementasi dari tridharma perguruan tinggi. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat dianggap sebagai pra-KKN, mahasiswa dapat belajar bagaimana mengaplikasikan Ilmu yang diperoleh dari kampus dan dapat menerapkannya di masyarakat. 

"Pusat kegiatan pada ASM ini lebih ke sekolah, meskipun begitu ada juga kegiatan yang kami  laksanakan untuk masyarakat," jelas Mahasiswa angkatan 2016 itu.


Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) DDI kanang, Abd. Rahim menyambut kegiatan ini dengan suka cita. Ia menganggap kehadiran Mahasiswa Fisika sangat berguna bagi sekolah, pasalnya sudah beberapa tahun terkahir sekolah tersebut tidak memiliki guru fisika Khusus. 

"Sementara ini, Fisika diambil alih oleh guru matematika yang bersedia mengajar fisika. Terakhir guru fisika ada pada tahun 2015," katanya pada saat memberi sambutan.


Ia berharap kegiatan ini dapat memberi banyak manfaat bagi sekolah. Dengan adanya Mahasiswa Fisika, guru-guru dapat memperoleh informasi yang menjadi hal baru bagi pesantren. Selain itu, Kepala Desa, Muh. Said yang turut hadir dalam pembukaan juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di Ponpes DDI Kanang.

"Saya sangat berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya," harapnya(*)


Reporter : Nurul Istiqamah


No comments:

Post a Comment