Media Sosial Facebook, Solusi Jualan Online Tim PKM Jurusan Fisika FMIPA UNM - HMJ Fisika FMIPA UNM

Tuesday, November 16, 2021

Media Sosial Facebook, Solusi Jualan Online Tim PKM Jurusan Fisika FMIPA UNM



Pada era revolusi industri 4.0 saat ini dimana semua lini bidang kehidupan digantikan dengan kecanggihan teknologi. Termasuk pula kegiatan usaha yang semula dilakukan secara konvensional sekarang bergeser menjadi toko-toko online. Selain lebih menguntungkan, karena tidak memerlukan tempat usaha, jangkauan pasar lebih luas, kemudahan transaksi, tidak ada batasan waktu dan keuntungan-keuntungan lainnya, toko online juga saat ini sedang menjadi trend yang mengakibatkan beberapa usaha konvensional gulung tikar. Oleh sebab itu, masyarakat sebagai pelaku usaha dituntut untuk menguasai teknologi tersebut dan merubah strategi dalam pemasaran.

Di Kabupaten Gowa Kecamatan Bontomarannu khususnya di Desa Sokkolia, terdapat kelompok usaha mikro yang menjalankan kegiatan usaha jualan kue tradisional, bahan makanan pokok, maupun kosmetik. Alasan berjualan adalah ingin membantu keluarganya. Terlebih mereka didominasi oleh Ibu Rumah Tangga (IRT). Namun, para IRT tersebut masih menggunakan strategi pemasaran secara konvensional dalam memasarkan produknya. Dengan demikian, ruang lingkup pemasaran masih terbatas serta minim pengetahuan dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Melihat kondisi tersebut, Tim PKM dari Universitas Negeri Makassar terdiri dari Vistarani Arini Tiwow, Bunga Dara Amin, dan Sulistiawaty melakukan sosialisasi penggunaan media sosial facebook untuk jualan online. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021. Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Dengan adanya pemanfaatan media tersebut, otomatis jangkauan pasar semakin luas sehingga peluang berkembangnya usaha semakin besar.

Tim PKM membekali pengetahuan kepada peserta tentang pengenalan sosial media dan strategi pemasaran online melalui media sosial dalam kegiatan usaha. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan mitra diberikan pula tutorial akun facebook yang digunakan untuk bisnis online. Peserta antusias menyimak materi dan tutorial yang disajikan karena rata-rata peserta telah memiliki akun facebook namun belum memanfaatkannya untuk jualan online, sehingga melalui sosialisasi ini peserta memperoleh informasi metode untuk mengembangkan jualannya.

Beberapa tips menjual produk di media sosial antara lain mempunyai akun media sosial, melakukan promosi secara terus-menerus, melakukan promosi menggunakan media yang tepat, memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen/pelanggan, membangun citra sebagai penjual yang terpercaya, mengadakan program-program menarik (mis. giveaway), menampilkan foto produk secara jelas di media sosial, serta memberikan jaminan kepada konsumen.

Menanggapi sosialisasi yang diberikan, tiga orang peserta bertanya berkaitan dengan promosi jualan di media sosial. Usaha jualan kue yang mereka jalankan terkadang dipertanyakan oleh pelanggan mengenai varian rasa berhubung penjual hanya menjual rasa original saja. Namun, dengan berbagai tips strategi menjual produk secara online yang sudah disampaikan oleh Tim PKM, maka kelompok usaha mikro Sokkolia akan mempraktekkannya pada usaha yang telah mereka jalankan selama ini.

No comments:

Post a Comment