[HIMAFI NEWS APA KABAR SULSEL HARI INI] - HMJ Fisika FMIPA UNM

Friday, March 27, 2020

[HIMAFI NEWS APA KABAR SULSEL HARI INI]

Update penyebaran virus corona pukul 11:19 (Jum’at/27-03-2020) di wilayah Sulawesi Selatan. Berdasarkan data pada tabel di atas menunjukkan bahwa jumlah pasien positif di Sulawesi Selatan semakin melonjak, yang pada awalnya berjumlah 13 pasien positif menjadi 27 pasien. Namun, pada pukul 12.00 pasien positif bertambah menjadi 29 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan SULSEL Ichsan Mustari mengatakan kelonjakan yang sangat signifikan ini disebabkan lebih banyak dari hasil interaksi dengan pasien positif corona sebelumnya.
“Berdasarkan data positif ini, pola transmisi virus bukan lagi imported transmission tapi dari data ini nampak bahwa sudah ada local transmission. Jadi sudah ada antar warga di SULSEL yang berkontak sehingga positif” ungkapnya (sumber: kompas.com)

Melihat kembali perkembangan penyebaran pasien positif covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan, Makassar merupaka kota yang memiliki jumlah pasien positif terbanyak, dengan jumlah 19 pasien. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) juga menambahkan bahwa Makassar termasuk kedalam wilayah transmisi lokal baru virus corona (covid-19). Transimisi lokal merupakan skenario penularan covid-19 antara orang per-orang yang terjadi di suatu wilayah. (sumber: CNN Indonesia)

Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, pemerintah menerapkan Social Distancing kepada masyarakat, dan menghimbau agar masyarakat tetap berada di rumah, dan tidak ketempat – tempat umum ataupun keramaian, yang memungkinnya terjadi interaksi massal. Selain itu, dengan menjaga lingkungan kebersihan di sekitar kita, juga menjadi salah satu pencegahan penularan Covid-19.

No comments:

Post a Comment