Program Kemitraan Masyarakat: Mendeley Desktop untuk Sitasi dan Referensi - HMJ Fisika FMIPA UNM

Monday, September 11, 2023

Program Kemitraan Masyarakat: Mendeley Desktop untuk Sitasi dan Referensi


Program Kemitraan Masyarakat kembali di gelar pada hari ini (22/7) dan terlaksana di SMPN 1 Sungguminasa, Gowa. Pihak tim pelaksana yang berasal dari Jurusan Fisika FMIPA UNM bermitra dengan pihak sekolah dalam workshop penggunaan aplikasi Mendeley untuk pengelolaan referensi bagi guru di SMPN 1 Sungguminasa dan sekitarnya. 


Tim pelaksana yang terdiri dari tiga orang dosen Jurusan Fisika UNM yakni Vistarani Arini Tiwow, Sulistiawaty, dan Nurul Muthmainnah Herman masing-masing memberikan penjelasan mengenai aplikasi Mendeley tersebut. Sasaran utama dari tim pelaksana yakni memperkenalkan sebuah software yang membantu dalam meminimalisir kekeliruan penulisan sitasi referensi. Selain itu diharapkan kegiatan ini bisa mempermudah peserta saat menuliskan sitasi dan referensi di setiap karya tulisnya. 


Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan yang juga dihadiri Ketua Jurusan Fisika FMIPA UNM Dr. Kaharuddin Arafah, S.Pd, M.Pd kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Mendeley, penjelasan instalasi dan fungsi menu dalam Mendeley, dan latihan instalasi serta penggunaan Mendeley bagi peserta. Antusiasme peserta terlihat jelas selama berlangsungnya wprkshop ini. 


"Kegiatan ini sangat membantu bagi kami yang sering berkecimpung dengan buku materi dan sumber belajar lainnya, saya lebih tahu bahwa ternyata ada software yang berguna seperti Mendeley ini untuk membuat sitasi otomatis" ucap Rahmawati, S.Pd selaku salah satu guru SMPN 1 Sungguminasa. 


Pada sesi pengenalan Mendeley, tim pelaksana memberikan beberapa poin utama keunggulan Mendeley. Software Mendeley  sangat membantu dalam membuat sitasi dan referensi otomatis. Selain itu software ini sangat kompatibel dengan semua perangkat serta bisa diakses dari mana saja. Mendeley juga bisa menjadi tempat untuk mengatur, membaca, hingga mengkaji buku, jurnal, artikel dan sebagainya. 


"Biasanya saya menyusun Daftar Pustaka secara manual di Ms. Word. Tapi dengan bantuan Mendeley saya juga bisa mengatur referensi sdeaya agar lebih rapih dan mudah dicari" lanjutnya.


Pemberian demostrasi penggunaan software Mendeley selanjutnya diakhiri dengan kegiatan uji coba yang dilakukan oleh peserta dipandu oleh tim pelaksana. 


"Kami berupaya untuk mengenalkam sebuah software yang diharapkan bisa sangat membantu bapak ibu di sekolah. Pertemuan hari ini kami harap bisa menjadi proses pengenalan agar selanjutnya pembimbingan ini bisa berkelanjutan dan berguna untuk bapak ibu" ucap Vistarani selaku Ketua Tim Pelaksana. 


Sesi akhir kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan plakat sebagai tanda terima kasih kepada pihak sekolah. Dalam sepatah katanya Kepala SMPN 1 Sungguminasa menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan sangat berguna untuk kemajuan softskil dan keterampilan guru-guru di sekolah.

No comments:

Post a Comment