Dosen Fisika UNM melakukan kegiatan PKM Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Pengembangan Karakter Building bagi Anak Usia Dini - HMJ Fisika FMIPA UNM

Tuesday, November 22, 2022

Dosen Fisika UNM melakukan kegiatan PKM Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Pengembangan Karakter Building bagi Anak Usia Dini

 



Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi yang juga merupakan rangkaian bukti dari kinerja dosen kepada masyarakat. PKM ini adalah bentuk kerjasama antara Jurusan Fisika FMIPA UNM dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNM), dimana kegiatan ini dilaksanakan di TK ALMIRA Kompleks PU Jeneberang Makassar pada tanggal 24 Juni 2022. Adapun judul dari kegiatan ini adalah Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Pengembangan Karakter Building bagi Anak Usia Dini, dimana ketua pelaksana adalah Sulistiawaty S.Si., M.Si., MT dan selaku anggota pelaksanan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Vistarani Arini Tiwow, S.Si., M.Sc dan Usman, S.Si., M.Pd.

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran guru dan peserta didik akan pentingnya pembentukan karakter building utamanya untuk anak usia dini yang nantinya dapat membentuk pribadi yang mandiri dan Tangguh dimasa depan mereka. Peserta PKM ini ada 25 orang yang terdiri dari 21 peserta didik dan 4 orang guru. Dimana penekanan pembentukan karakter building dengan penggunaan sampah pelastik ditujukan kepada peserta didik, adapun untuk guru-guru TK difokuskan pada materi karakter building dan pengelolaan sampahnya.

Dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan PKM ini Kepala Sekolah TK Almira Salmah, S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu sarana antar tenaga pendidik dan peserta didiknya untuk bertukar pengetahuan serta menjadi motivasi untuk peserta didik yang nantinya akan diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya. Salah satu peserta didik Azizah Mikaila Askadina mengungkapkan bahwa pelaksanaan PKM ini sangat seru dan menarik karena dapat berkreasi menggunakan limbah sampah plastik, bahwa ternyata sampah bisa jadi lebih bagus jika didaur ulang. Selanjutnya komentar dari Ibu Guru Nunungdan Ibu guru Nuraliyah menyatakan  “kegiatan ini sangat penting untuk terus dilakukan agar para peserta pendidik  dapat menambah pengetahuan dan kesadaran mengenai karakter building dan pentingnya penggolahan sampah dengan baik untuk kelestarian lingkungan”, hal ini mereka ungkapkan pada saat akhir kegiatan PKM ini.

Sumber Informasi : Sulistiawaty


No comments:

Post a Comment