Dosen Fisika UNM melakukan kegiatan PKM Mitigasi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Kab. Takalar - HMJ Fisika FMIPA UNM

Saturday, November 28, 2020

Dosen Fisika UNM melakukan kegiatan PKM Mitigasi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Kab. Takalar

  



Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi yang juga merupakan rangkaian bukti dari kinerja dosen kepada masyarakat. PKM ini adalah bentuk kerjasama antara Jurusan Fisika FMIPA UNM dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNM), dimana kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar pada tanggal 26 Agustus 2020. Adapun judul dari kegiatan ini adalah Mitigasi Bencana Gempabumi dan Tsunami, dimana ketua pelaksana adalah Sulistiawaty S.Si., M.Si., MT dan selaku anggota pelaksanan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Vistarani Arini Tiwow, S.Si., M.Sc dan Muh. Saleh, S.Si., M.Si.

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran guru tentang potensi gempa bumi dan tsunami, dan mitigasi bencana yang berbasis sekolah. Peserta PKM ini ada 40 orang yang terbagi kedalam 2 kelompok. Hal ini dilakukan karena pada saat pelaksanaan PKM ini Indonesia masih terdampak pandemi covid 19 sehingga pelaksanaan PKM betul-betul harus sesuai dengan protokol kesehatan. 

Dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan PKM ini Ketua MGMP IPA SMP Rusdianto, S.Pd., M.Sc. mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu sarana antar tenaga pendidik untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan serta menjadi motivasi bagi guru IPA yang nantinya akan diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan MGMP IPA selanjutnya. Salah satu peserta Sahabuddin, S.Pd mengungkapkan bahwa pelaksanaan PKM ini sangat bagus karena menambah pengetahuan kami tentang gempabumi dan tsunami khususnya mitigasi bencana yang nantinya dapat diimplementasikan ke peserta didik pada pembelajaran IPA. Selanjutnya respon Nirwana, S.Pd dan Saprianto, S.Pd menyatakan  “kegiatan ini sangat penting untuk terus dilakukan agar para pendidik IPA dapat menambah pengetahuan dan kesadaran mengenai mitigasi yang berkaitan dengan gempabumi dan tsunami”, hal ini mereka ungkapkan pada saat akhir kegiatan PKM ini. 

Sumber Informasi : Sulistiawaty

No comments:

Post a Comment