Ketentuan Penulisan Karya Tulis Mahasiswa GRAVITASI 2014 - HMJ Fisika FMIPA UNM

Friday, October 17, 2014

Ketentuan Penulisan Karya Tulis Mahasiswa GRAVITASI 2014

Ketentuan Penulisan Karya Tulis Mahasiswa GRAVITASI 2014

Naskah karya tulis yang dikirim harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

1. Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin kiri 4 cm, atas 3 cm, bawah 3 cm, dan kanan 3 cm.

2. Tulisan diketik dengan font Times New Roman, ukuran 12, dan spasi 1,5.

3. Naskah maksimal terdiri dari 15 halaman (tidak termasuk lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, lampiran, dan biodata penulis).

4. Sistematika penulisan terdiri dari :

a. Halaman Awal yang tersusun dari Halaman Judul, Pernyataan Keaslian, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Abstrak, dan Daftar Isi. Halaman ini
diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik disebelah kanan bawah (i,ii, dan seterusnya).
b. Halaman Inti yang tersusun atas 5 bab pokok, yaitu :

Bab 1 Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan sistematika penulisan

Bab 2 Tinjauan pustaka

Bab 3 Metode penulisan/penelitian

Bab 4 Hasil dan pembahasan

Bab 5 Penutup

c. Halaman akhir yang terdiri atas daftar pustaka, lampiran, dan biodata penulis.

d. Halaman inti dan halaman akhir diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dari nomor 1 (satu) dan diketik disebelah kanan bawah.

e. Penggunaan tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.

f. Penggunaan gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar mengunakan angka arab

Format penulisan karya

HALAMAN AWAL

ABSTRAK

Menjelaskan tujuan dan target yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Abstrak maksimum satu halaman dan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang kegiatan yang dilakukan penulis.

BAB 1. PENDAHULUAN

Menguraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diangkat, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan). Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan serta luaran yang diharapkan dan manfaat dari kegiatan penulis.

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Menjelaskan teori yang melandasi kegiatan yang dilakukan oleh penulis sesuai acuan primer serta hasil penelitian sebelumnya yang terbaru dan relevan dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Menguraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan yang dilakukan penulis. Tinjauan pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan kegiatan penulis.

BAB 3. METODE

Metode penelitian harus menjelaskan secara utuh tahapan penelitian yang akan dilaksanakan, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.

BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN

Menguraikan hasil yang telah dicapai oleh penulis setelah melakukan

serangkaian kegiatan penelitian. Pada bab ini juga dikemukakan pembahasan

mengenai hasil yang diperoleh oleh penulis dalam penelitiannya.

BAB 5. PENUTUP

Bab terakhir berisi tentang kesimpulan dan saran. Penarikan kesimpulan didasarkan atas hasil yang telah diperoleh penulis dalam penelitian atau kegiatan yang telah dilakukan oleh penulis. Kesimpulan juga merupakan jawaban dari rumusan masalah yang telah dikemukakan penulis pada bab 1. Saran berisi mengenai refleksi dan himbauan penulis kepada pembaca terkait jalannya kegiatan atau penelitian.

Contact Person :
085299156120 (Nurul Kusuma Wardani)
Alamat panitia : Jl. Malengkeri Raya Kampus UNM Parangtambung Makassar, Telepon (0411) 880389
Sekretariat: HIMAFI FMIPA UNM

Panitia GRAVITASI 2014

brosur KARYA TULIS MAHASISWA

No comments:

Post a Comment