Apa Itu Event GRAVITASI (Gebyar Civitas Fisika) ? - HMJ Fisika FMIPA UNM

Sunday, October 12, 2014

Apa Itu Event GRAVITASI (Gebyar Civitas Fisika) ?




Gebyar Civitas Fisika yang selanjutnya disingkat dengan nama GRAVITASI adalah salah satu event tahunan terbesar yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar sejak awal terbentuknya HIMAFI sekitar tahun 90-an. Event GRAVITASI ini telah terkenal dan dikenal luas di kalangan sekolah SD, SMP dan SMA di sulawesi selatan sebagai salah satu event lomba fisika terbesar yang memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan piala bergilir kepala dinas pendidikan provinsi sulawesi selatan yang akan dibawa pulang oleh sekolah maupun universitas pemenang. GRAVITASI juga menjadi pelopor lahirnya event serupa di HIMPUNAN seMIPA.

GRAVITASI bertujuan sebagai upaya peningkatan dan pengembangan ilmu pendidikan di Indonesia khususnya di bidang Fisika, selain itu event ini menjadi ajang pembuktian tingkat pemahaman dan kreatifitas siswa dan mahasiswa di bidang ilmu fisika. Oleh karenanya, setiap tahunnya sangat banyak diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Hal tersebut Terbukti pada pelaksanaan event GRAVITASI sebelumnya yakni sejak tahun 2000 sampai 2013 dimana peserta sangat antusias ikut turut serta dalam event ini sehingga memenuhi tempat pelaksanaan.

GRAVITASI 2014
 
Di Tahun 2014, GRAVITASI kembali hadir dengan mengusung tema “Pengintegrasian Intelektualitas dan Kreatifitas dalam Peningkatan Jiwa Kompetetif dan Semangat Kefisikaan”. Event GRAVITASI tahun ini mengalami kemajuan dibandingkan dengan event GRAVITASI sebelumnya. Pada tahun ini event ini menampakkan tajinya dengan mencoba memperkuat sistem informasi melalui website dan media sosial yang diketahui sangat bermanfaat saat ini dalam hal memperluas jangkauan informasi kepada para calon peserta yang akan ikut berpartisipasi. 

Tahun ini pula ditargetkan peserta yang ikut berpartisipasi tidak hanya mahasiswa dan siswa yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan saja melainkan juga dari mahasiswa dan siswa yang berada di luar Sulawesi Selatan, sehingga nantinya GRAVITASI bisa menjadi event berskala Nasional bahkan Internasional.

No comments:

Post a Comment